Minggu, 05 November 2017

3 Trik Membuat Foto Bokeh Professional pada Kamera Standar di Smartphone Android

Salah satu kelebihan yang diinginkan oleh sebagian pengguna smartphone adalah adanya fitur menarik yang ada pada kamera ponselnya.

Tidak hanya memberikan kualitas gambar yang baik, fitur yang bisa membuat wajah si pengguna terlihat mulus saat melakukan selfie, tapi tak sedikit juga pengguna yang menginginkan adanya fitur kamera yang ada pada kamera professional seperti halnya foto bokeh.

Untuk sobat yang belum tahu apa itu foto bokeh, yaitu teknik pengambilan gambar (foto) yang membuat subjek utama menjadi tajam dan terfokuskan lalu sebagian area lainnya (background) menjadi blur atau buram.



Namun sayangnya, di tahun 2017 ini hanya beberapa ponsel saja yang sudah dibekali dengan fitur foto bokeh yang hampir mirip seperti kamera professional dan mayoritasnya adalah ponsel-ponsel flagship dan beberapa ponsel high-end seperti ponsel Coolpad Cool Dual R116 dan Xiaomi Mi A1 yang memiliki dual-camera.

Lalu bagaimana dengan ponsel-ponsel single-camera atau ponsel-ponsel yang hanya memiliki kamera standar?
Yang hanya bisa menangkap teknik foto bokeh dalam jarak yang sangat dekat (30-50cm) atau bahkan sama sekali tidak memiliki fitur bokeh ini.

Tenang, BC ada solusinya agar sobat tetap bisa menikmati fitur foto bokeh ini walaupun kamera ponsel sobat masih dalam kategori standar.
Ada 3 trik agar kamera ponsel sobat yang standar tersebut bisa merasakan teknik foto bokeh layaknya kamera professional, inilah beberapa triknya..


1. Melalui Aplikasi After Focus



Melalui aplikasi After Focus sobat bisa menghasilkan kreasi foto dari kamera ponsel sobat dengan fitur bokeh yang menawan layaknya kamera professional.
Disini sobat bisa mengeksplor sekreatif mungkin foto sobat dan membuatnya semakin terlihat menarik dengan beberapa fitur yang disajikan di aplikasi ini.

Pada beranda aplikasi ada tiga menu utama yang mesti dipilih sebelum lanjut mengedit, Camera (foto langsung lalu edit), Album (memilih foto yang sudah ada), Project (melanjutkan hasil edit foto sebelumnya).


Selanjutnya, untuk menentukan mana subjek yang ingin di blur dan tidak ingin di blur adalah dengan cara, pilih tools disisi kiri yang bergambar badan lalu tarik garis (warna putih) pada subjek utama yang tidak ingin kena blur (area berwarna merah tanda tidak terkena blur), pilih tools panorama ataupun pohon lalu tarik garis (panorama warna hitam, pohon warna abu-abu) pada subjek yang ingin di blur.
Bisa sobat lihat pada gambar diatas.

Lalu setelah next ada beberapa fitur yang bisa sobat coba, salah satunya adalah fitur andalan yang ada di aplikasi ini yaitu BLUR.


Fitur ini dapat mengedit foto sobat dengan memasukkan efek blur dan menyesuaikannya sekeren mungkin seolah-olah seperti hasil dari kamera professional.
Pada fitur tersebut ada tiga jenis blur yang bisa sobat pilih, Lens Blur, Motion Blur dan Zoom Blur yang masing-masing memiliki bentuk buram yang berbeda-beda, juga bisa atur tingkat blur pada subjek yang terisolasi.

Selanjutnya ada juga fitur APERTURE, disini menentukan bentuk bokeh serta mengatur tingkat ketebalannya yang tentu nantinya akan mempengaruhi efek blur tersebut.


Selain itu sobat juga bisa mencoba fitur-fitur lainnya seperti Fading Brightness (mengatur tingkat kepudarannya secara natural, manual ataupun tanpa kepudaran), Filter (mengatur tema warna yang sobat inginkan pada latar depan, belakang atau kedua-duanya), dan fitur Effect (mengatur efek ketajaman, sketsa, warna dan stiker).

Hasil akhir dari editan aplikasi After Focus

2. Melalui Aplikasi Snapseed



Aplikasi editor buatan Google yang sudah di unduh sebanyak 50 juta kali ini menjadi andalan alternative bagi sobat yang kurang mahir memakai Photoshop.
Pasalnya jumlah efek yang disediakan di aplikasi Snapseed ini terbilang banyak, sekitar puluhan efek diantaranya ada tools dan filter.

Terutama bagi sobat yang ingin membuat tampilan foto bokeh juga bisa melalui aplikasi ini, bisa sobat kombinasikan dengan efek-efek lain, yang jelas sobat bisa mengeksplornya dengan sekreatif mungkin.


Setelah masuk ke dalam aplikasi, sobat klik tulisan BUKA untuk memasukkan foto yang ingin sobat edit.
Pada menu TAMPILAN sobat bisa pilih tema yang diinginkan sebelum lanjut mengedit atau jika tidak ingin bisa lanjut ke menu lainnya yaitu ALAT.


Didalam menu tools ini banyak sekali pilihan efek yang bisa sobat eksplor satu persatu, disini saya mencoba beberapa efek salah satunya Lens Blur.

Saya mencoba membuat efek bokeh pada foto yang sudah saya pilih dan hasilnya 'WaW', kurang lebih hampir sama dengan bokeh aslinya.
Apalagi bagi sobat yang sering atau jago dalam hal edit mengedit pasti bisa membuat editan yang sangat keren.



Setelah selesai edit mengedit sobat bisa simpan hasil editan melalui menu EKSPOR dan pilih simpan, atau jika ingin di share bisa sobat share ke teman-teman sobat, dll.


Hasil editan melalui aplikasi Snapseed

3. Melalui Aplikasi YouCam Perfect



Aplikasi editor keren yang terakhir yaitu YouCam Perfect, disini juga sobat bisa membuat efek foto bokeh yang ciamik dan tentunya bisa sobat eksplor lebih dalam karena fitur yang disajikan juga cukup banyak.

Pada gambar diatas, terlihat ada tiga tampilan menu utama yaitu Riasan Wajah, Camera dan Kolase.
Untuk memulainya, jika sobat sudah ada foto yang tersimpan didalam album dan siap untuk di edit maka bisa sobat klik Riasan Wajah.


Selanjutnya ada beberapa fitur yang bisa sobat coba dan disini saya mencoba fitur Kabur untuk membuat efek bokeh dan memberikan beberapa aksen lain pada foto yang ingin saya edit.
Seperti gambar diatas ada beberapa petunjuk dari kegunaan masing-masing fitur dan tools.


Bisa sobat lihat pada gambar terdapat beberapa petunjuk didalam fitur Kabur seperti Blur Type (memilih tipe blur), Blur Tools (memilih jenis area blur seperti lingkaran, segi empat dan kuas), Degree (mengatur seberapa pekat tingkat blurnya).

Sobat juga bisa mengeksplor serta mengkombinasikannya dengan fitur-fitur lainnya dan membuatnya semakin terlihat menarik.
Seperti memberikan effect, stiker, portrait tools, blender, overlays, instafill, mirror, splash, fish eye, dll.

Hasil editan melalui aplikasi YouCam Perfect

Itulah beberapa cara agar sobat bisa mendapatkan fitur foto bokeh yang kurang lebih hampir mirip dengan aslinya, walaupun smartphone android sobat masih tergolong memiliki kamera standar.

Share ke teman-teman sobat siapa tahu mereka membutuhkan aplikasi seperti diatas untuk berkreasi lebih kreatif dengan foto-foto mereka.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 7 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus