Senin, 27 November 2017

Tips & Trik Menghindari Unduhan Aplikasi Palsu di Smartphone

Sempat sebelumnya beberapa bulan lalu perusahaan software dan keamanan mobile yaitu checkpoint merilis riset melalui laman resminya, bahwa ada sekitar 50 aplikasi android serta sudah di unduh sebanyak 4 juta kali diketahui telah terinfeksi malware yang bernama ExpensiveWall. 

Kebanyakan jenis aplikasi yang terinfeksi adalah aplikasi wallpaper dan edit foto ataupun video, bahkan malware ini bisa menyamarkan dirinya.


(Image: gxmediagy.com)

Nah, hal ini mengingatkan kita khususnya pengguna Android yang memiliki sistem open source untuk lebih berhati-hati saat ingin mengunduh aplikasi, baik di dalam Store resmi seperti Google PlayStore & Apps Store, maupun dari apk pihak ketiga.

Disini saya akan memberikan beberapa tips agar terhindar dari aplikasi palsu ataupun berbahaya sebelum mengunduhnya. 
Seperti dirangkum dari laman IDNTimes, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan sebelum mengunduh aplikasi agar terhindar dari aplikasi palsu ataupun berbahaya. Berikut caranya..


1. Perhatikan Publisher maupun Developernya


(Image: imore.com)

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Publisher ataupun Developer dari aplikasi yang ingin di unduh, hal ini banyak disepelehkan oleh pengguna padahal penting. 
Umumnya setiap aplikasi yang tersedia baik di PlayStore ataupun Apps Store akan ada info atau daftar penerbit dan pengembangnya. Dan biasanya aplikasi palsu akan menyamarkan atau memirip-miripkan identitasnya dengan yang aslinya.

Sebagai contoh, seperti aplikasi WA, resminya 'WhatsApp Inc.' dan dipalsukan menjadi 'WhatsApp.com' ataupun 'Facebook.' dipalsukan menjadi 'PT. Facebook', dan seterusnya. Intinya kamu bisa mencoba mencari tahu publisher dan developernya melalui situs resminya.


2. Pengecekan Ulasan Aplikasi di dalam Storenya


(Image: uxplanet.org)

Nah, dari rating dan ulasan aplikasi yang ada di masing-masing Store akan membuat kita bisa mempertimbangkan untuk mengunduhnya atau tidak. 
Karena ulasan-ulasan pengguna lain bisa membantu kita untuk mengetahui bagaimana kualitas aplikasi tersebut, namun hal ini harus dinilai secara objektif, mengingat beragamnya ulasan yang ada di aplikasi tersebut.


3. Perhatikan Ukuran Aplikasinya


(Image: consumeraffairs.com)

Perlu diketahui, jika aplikasi yang ingin di unduh adalah aplikasi ringan namun memiliki ukuran yang besar maka hal ini perlu di waspadai.
Sebagai contoh seperti aplikasi lampu flash, aplikasi ringan ini memiliki ukuran yang cenderung kecil, namun jika kamu mendapatinya dengan ukuran yang sangat besar maka patut untuk dicurigai.


4. Perhatikan Deskripsi Bahasanya


(Image: interact-intranet.com)

Aplikasi resmi akan memiliki deskripsi bahasa yang sesuai dengan aplikasi yang terkait, baik itu bahasa Indonesia maupun Inggris. Dan aplikasi palsu cenderung memiliki bahasa yang aneh ataupun jika memakai bahasa Inggris maka antara deskripsi bahasa dengan aplikasi terkait tidak saling memiliki hubungan. Jika terjadi hal seperti ini maka perlu di waspadai.


5. Perhatikan Permintaan Perizinannya


(Image: androidcentral.com)

Setelah kamu mengunduh aplikasi, saat ingin menginstalnya biasanya akan ada pop up permission atau permintaan perizinan akses dari aplikasi terhadap ponsel kita seperti permintaan izin atas akses Kontak telepon, Kamera, SMS, Wi-Fi, Lokasi, dan lain sebagainya. 
Nah, jika aplikasi kecil yang di unduh namun permission nya banyak sekali maka lebih baik dihindari.


6. Pengecekan pada Situs Resmi Aplikasinya


(Image: wardtechtalent.com)

Untuk meyakinkan dan menghilangkan rasa kekhawatiran kamu terhadap aplikasi yang ingin di unduh, alangkah baiknya jika melakukan tinjauan langsung ke laman resmi aplikasi terkait. 
Biasanya cara ini cenderung cukup ampuh, karena jika aplikasi palsu mencoba untuk meniru laman aslinya akan tetap terlihat perbedaannya, terlebih pada aplikasi terkenal.


7. Pemasangan Security Apps


(Image: digitaltrends.com)

Langkah terakhir adalah kamu bisa memasang aplikasi pengaman di smartphone kamu, seperti Anti Virus Kaspersky, dan lain-lain. Tujuannya untuk memfilter dan meningkatkan keamanan dari ancaman aplikasi berbahaya, terutama dari aplikasi palsu ataupun aplikasi-aplikasi yang terinfeksi malware berbahaya.

Itulah beberapa tips dan trik kecil dari saya yang bisa dibagikan ke kamu semua, guna menghindari aplikasi palsu dan berbahaya. Serta melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan pengunduhan terhadap aplikasi di Store masing-masing smartphone.

Perlu diingat, aplikasi resmi dari masing-masing store saja masih bisa memiliki resiko bahaya, apalagi jika aplikasi-aplikasi tersebut diluar dari store resminya (pihak ketiga). 
Jadi tetap berhati-hati dan teliti ketika ingin mengunduh sebuah aplikasi. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 7 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus