Selasa, 28 November 2017

5 Hal Positif yang Bisa Dilakukan 'Kids Jaman Now' dalam Memanfaatkan Teknologi!

Otong : Hey yoo, wazzap bruh.. Mana aje lu kaga keliatan?
Epeng : Hey yoo bruh.. Ya biasalah cuy, gw lagi busy banget nih sama sosmed gw.
Otong : Ahh elu, palingan modusin girls muluk, yang smart dong. Nih, gw mau nunjukin ke lu gadget new gw, kerenkan? Pokoknya gak mati gaya deh gw di depan umum, apalagi depan cewek yoi gak bro..
Epeng : Ahh lu sama aja, punya gadget canggih & smart tapi cuma untuk dipamerin doang, gak bisa dimanfaatkan secara smart kayak gadget lu.

Mungkin fenomena percakapan diatas bukanlah hal tabu lagi di era digital dan informasi seperti saat ini. Sebagian besar mayoritas di era Millennial masih bingung bagaimana cara memaksimalkan teknologi yang ada sekarang ini secara cerdas.

Tentu hal ini menjadi sorotan penting, mengingat jika kemajuan teknologi tidak disikapi dengan bijak dan cerdas maka kita selamanya akan menjadi generasi pengikut dan sulit untuk menjadi seorang pencipta/pengembang teknologi.
Jika tingkatan untuk menjadi seorang pengembang dirasa sangat sulit, setidaknya kita harus bisa menjadi seorang yang memberikan kontribusi positif terhadap teknologi yang ada baik berupa pemikiran, tulisan ataupun perbuatan.


(Image: wazoku.com)

Lagi pula, jika fasilitas teknologi hanya dimanfaatkan untuk sekedar chattingan, eksis di sosmed, ajang pamer, dan sebagainya mending kamu maksimalkan untuk hal yang lebih positif. 
Jadi, bersosial sambil menuangkan sesuatu yang menarik dan inovatif, hal itu pasti semakin menyenangkan.
Caranya pun cukup sederhana dan hal ini bisa dilakukan khususnya kamu generasi 'Kids Jaman Now'. 

Daripada menggunakan fasilitas teknologi untuk hal-hal yang sedikit mendatangkan manfaat, mending kamu lakukan cara-cara dibawah ini ketika menikmati fasilitas teknologi yang ada.
Apa saja itu, mari simak ulasannya..

1. Jadikan Sebagai Perangkat Menulis


(Image: applemagazine.com)

Ketika kamu menikmati fasilitas teknologi seperti layanan Internet mending kamu eksplor lagi lebih maksimal untuk menulis.
Bebas kamu bisa menulis apa saja, asalkan konten yang kamu tulis itu benar-benar hal yang positif untuk orang banyak, apalagi jika bisa memotivasi seseorang, hal itu bisa menjadi nilai plus untuk kamu pribadi.

Masalah ingin menulis dimana itu adalah perkara mudah, mungkin untuk modal awal bisa kamu lakukan di sosial media contohnya. 
Jika kamu mengalami progres dalam menulis, bisa kamu aplikasikan ditempat-tempat yang biasa penulis mengaplikasikan tulisannya, seperti di blog atau website pribadi, atau juga bisa menjadi seorang penulis lepas di plogging (platform blogging) contohnya menulis di beberapa media platform yang menerima jasa menulis.
Bayangkan, dari hobi kamu menulis bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Menarikkan?

2. Membagikan Konten yang Bermanfaat



Daripada kamu membagikan hal-hal yang sedikit manfaatnya di jejaring sosial mending kamu share sesuatu yang memiliki nilai positif.
Seperti konten tulisan ataupun video yang mungkin jika kamu share bisa berguna untuk orang lain.

Baik itu kamu seorang penulis atau bukan, pembuat konten video atau bukan, jika kamu membagikan konten-konten yang isinya adalah hal yang bermanfaat, maka kamu berada beberapa langkah lebih maju dalam memanfaatkan fasilitas teknologi. Apalagi konten yang kamu share ternyata membuat seseorang lebih termotivasi dan terbantu, pasti hal itu sangat menyenangkan.
Terutama kamu yang memiliki hobi untuk membuat konten tulisan ataupun video yang sifatnya positif, maka wajib hukumnya untuk kamu share.

Merealisasikan bentuk pemikiran kamu yang kreatif dan inovatif kedalam bentuk konten plogging, vlogging dan sebagainya merupakan praktik share yang baik juga loh.

3. Membuat Vlogging Berkualitas


(Image: tubularinsight.com

Layanan vlogging (video blogging) merupakan aktivitas yang memanfaatkan perangkat kamera dan beberapa perangkat lainnya sebagai media perekam kegiatan yang kemudian dibagikan di dalam internet terutama dilayanan jejaring sosial seperti YouTube.
Praktik vlogging sangat marak saat ini, bahkan menjadi aktivitas yang semakin produktif di beberapa tahun belakangan ini.

Nah, untuk kamu generasi kekinian bisa memanfaatkan fitur ini untuk menunjang kreativitas kamu dalam memaksimalkan fasilitas teknologi saat ini.
Konten vlogging berkualitas yang kamu buat bisa beragam bentuknya, seperti kategori tentang agama, sosial, teknologi, sains, bisnis, ataupun tentang tutorial, yang jelas konten tersebut benar-benar bernilai positif dan berkualitas.

4. Menjadikan Perangkat Mobile/Dekstop Sebagai Media Bisnis


(Image: pembrokeshire.ac.uk)

Daripada perangkat mobile/desktop kamu hanya melulu digunakan untuk berselfie ria, live streams tanpa indikasi positif, upload sesuatu dengan tujuan humblebrag (pamer terselubung), membaca atau menonton konten negatif, dan sebagainya, mending kamu manfaatkan sebagai media bisnis online kamu.

Terutama kamu yang mahir atau punya jiwa dagang yang tinggi, sangat pas memanfaatkan layanan ini. Apalagi bisnis e-commerce (bisnis online) semakin tinggi trafiknya dari tahun ke tahun, jelas ini adalah sesuatu yang cukup menjanjikan.
Dan jika kamu masih awam dengan sistem bisnis ini, maka kamu bisa mempelajari cara-caranya dari informasi yang beredar di dalam internet.
Bersosial media sembari berbisnis online, hal yang menarik bukan.

5. Gadget Sebagai Sarana Mencerdaskan


(Image: jaypeeonline.net)

Apalah artinya gadget kamu yang super smart dan canggih itu jika tidak bisa dieksplor, dimanfaatkan dan dimaksimalkan secara baik.
Maksudnya disini, untuk bisa memaksimalkan perangkat gadget kamu yang canggih dan smart itu bukanlah harus menjadi seorang pakar atau ahli teknologi dahulu, melainkan bagaimana dan seberapa besar kontribusi kamu ketika memanfaatkan gadget kamu ke arah yang lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Dengan kamu bisa memberi kontribusi positif saat memanfaatkan fasilitas teknologi seperti gadget, berarti kamu sudah menjadi pengguna yang super smart juga.

Contohnya sederhana, beberapa poin diantaranya sudah disebutkan diatas, dan poin lainnya adalah seperti: 
  • Cerdas ketika bersosial media. 
  • Bijak mengolah kata saat memposting suatu status/komentar. 
  • Stop praktik bullying via jejaring sosial. 
  • Bisa memfilter serta tidak terlalu loyal memposting hak privasi kamu di jejaring sosial. 
  • Stop kontribusi konten negatif di dalam Internet dan lain sebagainya.


Akhir Kata..

Demikianlah lima hal positif yang bisa kamu manfaatkan terhadap teknologi kekinian di era digital dan informasi seperti saat ini.
Terutama kamu 'Kids Jaman Now' kurangin deh aktivitas yang kurang bermanfaat saat memakai fasilitas teknologi. Cukup lakukan cara diatas, selain bermanfaat juga bisa menghasilkan profit untuk kamu. Menarik bukan.!?
Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar