Selasa, 17 Oktober 2017

10 Studio Film Ternama Seantero Dunia

BCengos - Holla sobat.. Kamu suka nonton film-film layar lebar? Film layar lebar apa yang paling kamu favoritkan di dunia ini?


Untuk para cineas ataupun penikmat film, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama Hollywood. Tempat ini menjadi sangat terkenal dikarenakan banyaknya studio-studio perfilman lahir ditanah tersebut.
Banyaknya film yang lahir dari perusahaan studio film ternama semakin menambah rasa persaingan yang sangat kuat dipasar industri perfilman international. Walaupun begitu tidak membuat para cineas muda (studio film baru) untuk takut bersaing, malah semakin banyak yang bermunculan dan menyalurkan ide serta ekspresi mereka ke layar lebar.

Nah, pasti kamu sudah tau dong kalau sukses atau tidaknya suatu film itu tidak hanya bergantung pada aktor/aktrisnya tapi juga bergantung pada tim produksi dari studio film tersebut.
Di Hollywood sendiri banyak studio-studio film ternama yang sudah menghasilkan serta memiliki kualitas film yang tidak diragukan lagi cinematography nya.

Berikut BCengos akan paparkan 10 studio film ternama asal Amerika Serikat yang sudah sangat mendunia.


1. Marvel Studios


Marvel Film begitulah sebutannya pada tahun 1993-1996 yang sekarang dikenal dengan Marvel Studios. Untuk kamu yang suka nonton film superhero Hollywood sudah pasti tidak asing dengan Studio Marvel Comic ini.
Kualitas film yang mereka hasilkan sudah tidak diragukan lagi kehebatannya. Studio film Amerika yang berbasis di The Walt Disney Studios di Burbank, California ini sudah banyak mengeluarkan film-film Waralaba nya seperti X-Men, Spider-Man, Iron Man, Captain America, Avengers, etc.

2. Warner Bros Pictures


Warner Bros. Entertainment, Inc. atau yang biasa dikenal dengan Warner Bros. Pictures ini didirikan tahun 1918 dan merupakan salah satu studio film tertua ketiga setelah Paramount Pictures (1912) dan Universal Studios (1912) di Amerika Serikat.
Warner Bros yang bermarkas di Burbank, California ini telah menghasilkan banyak film berkualitas seperti Terminator, Batman, Gravity, Green Lantern, The Matrix dan yang paling fenomenal adalah film Waralaba nya yaitu Harry Potter, etc.

3. Walt Disney Company


Walter Elias Disney atau yang sekarang dikenal dengan Walt Disney adalah seorang produser film, animator, sutradara dan pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat. Karena kerja kerasnya yang dimulai sekitar tahun 1920'an, akhirnya namanya kini dijadikan sebuah nama studio film ternama didunia. Hasil karyanya yang cukup mendunia adalah karakter animasi Mickey Mouse yang disuarakan oleh Disney sendiri.
Studio film yang bermarkas di Burbank, California ini juga banyak menghasilkan film yang berkualitas seperti Tron, Finding Nemo, Narnia, Toy Story, Winnie the Pooh, The Incredibles dan yang cukup sensasional adalah Pirates of the Caribbean, etc.

4. Universal Studios


Salah satu studio film tertua didunia (1912) yang didirikan oleh Carl Laemmle ini sudah banyak menghasilkan film-film yang cukup mendongkrak dipasar produksi perfilman dunia.
Kesuksesan Universal Studios juga tak lepas dari campur tangan sang sutradara legend yaitu Steven Spielberg. Studio film yang bermarkas di San Fernando Valley, Los Angeles, California ini banyak menghasilkan film yang berkualitas seperti Hellboy, Jurassic Park, The Mummy, The Bourne Ultimatum, Death Race, Despicable Me dan yang cukup fenomenal adalah Fast and Furious, etc.

5. Paramount Pictures


Produsen sekaligus Distributor film Amerika ini adalah satu dari tiga studio film tertua di Amerika yang masih bertahan dan berkarya didunia perfilman hingga saat ini.
Paramount Pictures didirikan bulan Mei 1912, oleh Adolph Zukor serta mitranya Daniel dan Charles Frohman. Paramount Pictures berletak di Hollywood, California.
Beberapa karya Paramount yang sudah mendunia adalah Star Trek, Titanic, Lara Croft Tomb Raider, Shrek, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Mission Impossible, Braveheart, Saving Private Ryan, Transformers, etc.


6. 20th Century Fox


Perusahaan studio film yang didirikan 31-Mei-1935 ini adalah atas penggabungan dari perusahaan Fox Film Corporation (didirikan 1915) dan 20th Century Pictures, Inc. (didirikan 1932).
Hasil penggabungan ini bisa dikatakan terobosan dan keputusan yang pas dari dua belah pihak. Pasalnya dari awal terbentuk hingga saat ini 20th Century Fox terbilang sukses menghasilkan karya seni cinematic mereka di kancah perfilman dunia.
Studio film yang bermarkas di Century City, California, Amerika Serikat ini memiliki banyak film yang menarik seperti X-Men, Alien vs Predator, Independence Day, Die Hard, Avatar, Ice Age, Night at the Museum, I-Robot, Garfield, Star Wars, Kingsman, etc.


7.  Columbia Pictures


Columbia Pictures atau yang dulu (Mei 1919) dikenal dengan nama CBC Film ini adalah salah satu perusahaan sukses yang bergerak di industri perfilman. Perubahan nama menjadi Columbia Pictures sendiri terjadi pada tahun 1924.
Sejak 1989 Columbia Pictures dikomandani oleh Sony Pictures Entertainment dan kini menjadi bagian dari Columbia TriStar Motion Group milik Sony Pictures.
Beberapa karya film Columbia Pictures yang terkenal adalah The Da Vinci Code, Hellboy, 21 Jump Street, Terminator Salvation, Final Fantasy: The Spirits Within, Black Hawk Down, Men in Black, The Smurfs, The Bounty Hunter, Surf's Up, Nick and Norah's Infinite Playlist, etc.

8. Lionsgate Entertainment


Lionsgate Entertainment Corporation didirikan tahun 1995 di Vancouver, British Columbia, Canada oleh seorang investor bank bernama Frank Giustra, berharap untuk memanfaatkan industri film yang berkembang ditempat kelahirannya.
Memulai langkah awalnya dengan membeli sejumlah fasilitas produksi kecil dan distributor, termasuk Montreal berbasis Cinepix Film Production (CFP), dsb. Akhirnya setelah menjalani proses beberapa tahun, untuk kali pertama film yang mereka buat yaitu American Psycho (2000) terbilang sukses, dan menjadi pendongkrak bagi mereka untuk memproduksikan serta mendistribusikan film mereka secara kontroversial untuk Studio Amerika.
Hasil karya Lionsgate yang lain yaitu The Punisher, Saw, The Spy Next Door, Kick Ass, Abduction, The Hunger Games, etc.

9. Summit Entertainment


Studio film asal Universal City, CA, USA ini didirikan tahun 1990 dan diluncurkan pada tahun 1996. Walaupun perusahaan film ini tergolong masih muda umurnya (dibandingkan dengan yang lain) tapi studio film ini sudah bisa menggebrak pasar industri perfilman dunia.
Salah satunya dengan film andalan mereka yaitu Twilight (2008) yang berhasil menjual tiket dengan nilai US$ 70 juta pada pekan pertama saat peluncuran film tersebut.
Film lain dari Summit Entertainment yang cukup menarik adalah Red Cliff, Resident Evil: Extinction, The Brothers Grimm, Astro Boy, Step Up, Sorority Row, The Beaver, etc.


10. DreamWorks Pictures


Studio film ini tidak jauh berbeda dengan Summit Entertainment karena usianya sama-sama masih muda. DreamWorks Pictures sendiri didirikan 12 Oktober 1994, dan bermarkas di Universal City, California, Amerika Serikat.
Pun begitu, perusahaan film ini telah menghasilkan serta memasarkan tidak kurang dari sepuluh buah film dengan pendapatan kotor dari film-film yang mencapai 'box-office' sebesar US$ 100 juta per-filmnya. Beberapa daftar film yang menarik dari DreamWorks yaitu Shrek 2, Gladiator, Cast Away, Madagascar, I'm the Number Four, The Terminal, Kung-fu Panda, Catch Me If you Can, etc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar