Sabtu, 21 Oktober 2017

4 Cara Jitu Menemukan Ponsel Kamu yang Hilang atau Lupa Simpan (Part 1)

BCengos - Di jaman yang dikeseharian kita selalu berdampingan dengan teknologi ini rasanya akan sangat sulit jika sehari tanpa menggunakan fasilitasnya, yap salah satunya adalah smartphone.
Dimulai dari anak muda hingga orang tua tak luput dari yang namanya pemakaian smartphone ini, baik itu untuk bersosial media, nge-game, belajar, bahkan juga dipakai untuk bekerja.
Namun, bagaimana rasanya jika alat yang sering kita pakai untuk keseharian itu Hilang atau Lupa Menyimpannya?


Kesal, bingung dan panik pasti itu reaksi pertama sobat. Tapi tenang, jika hal itu terjadi pada sobat sebaiknya jangan bersikap demikian.
Karena kali ini BC akan memberikan beberapa cara jitu agar smartphone sobat yang hilang atau lupa simpan itu bisa ditemukan.

Dikutip dari laman jalantikus.com, (19.10.2017), jika sobat mengalami hal yang tak mengenakan seperti kehilangan atau lupa simpan dimana smartphone sobat maka sobat tak usah panik.
Ada empat cara jitu supaya smartphone sobat bisa ditemukan kembali dan semoga faktor luck ada di pihak sobat yah.
Bagaimana caranya mari kita bahas satu per satu.


1. Menggunakan Aplikasi Find My Device (Temukan Perangkat Saya)



Aplikasi keren dari Google ini bisa sobat andalkan untuk nemuin ponsel sobat yang hilang atau lupa simpan.
Find My Device (Temukan Perangkat Saya) atau dulunya dikenal dengan ADM (Android Device Manager) ini adalah aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh pengguna android.
Lalu bagaimana cara menggunakannya? Silahkan simak..

  • Pertama-tama sobat download dulu aplikasi ini, bisa sobat temukan di Google PlayStore.

  • Jika sudah sobat download, sebelum masuk kedalam apps sobat ke Settings/Setelan ponsel terlebih dulu. Settings > Security > Device Administrators > Cari dan aktifkan aplikasi Find My Device (Temukan Perangkat Saya).


  • Untuk di setelan android yang lain seperti ini: Settings > Additional Settings > Privasi > Device Administrators > Cari dan aktifkan aplikasi Find My Device (Temukan Perangkat Saya).


  • Setelah itu sobat bisa masuk kedalam aplikasi dan melakukan login ke Akun Google maka sobat harus login dengan akun google yang dipakai di android sobat. Ingat ya, login-kan dengan Akun Google yang sama.
  • Setelah login akan ada tampilan Maps didalam aplikasi tersebut dan secara otomatis langsung melacak perangkat sobat.
  • Nah, sobat akan melihat tiga opsi menu utama, Play Sound, Lock dan Erase.

  • Play Sound (Putar Suara) fungsi ini adalah membunyikan perangkat sobat walaupun dalam keadaan Silent, dan suara yang dihasilkan pun cukup keras. Jadi suara tersebut berguna untuk mendeteksi letak perangkat sobat.
  • Lock (Kunci) fungsi ini untuk mengunci perangkat sobat agar tidak di otak-atik oleh orang lain selagi sobat mencarinya.
  • Erase (Hapus) fungsi ini adalah opsi terakhir sobat jika memang perangkat sobat tidak bisa ditemukan saat hilang. Guna menghapus dan mereset perangkat sobat supaya data yang ada tidak disalah gunakan oleh si pencuri.
  • Juga bisa melalui Google Chrome, sobat tulis 'Find My Device/Phone' di search engine, lalu buka laman Find My Device (myaccount.google.com) dan silahkan login dengan akun google yang sama di ponsel sobat yang hilang. Dan yah, tampilan didalamnya kurang lebih hampir sama dengan aplikasi Find My Device, ada Ring/Play Sound, Lock, Erase dan Melacak perangkat sobat.


NB: Ketika melacak melalui Google Chrome Browser, Google Chrome yang sobat gunakan haruslah terintegrasi dengan akun google yang digunakan di ponsel sobat yang hilang. Dan walaupun sobat melacaknya melalui chrome browser, aplikasi Find My Device sobat harus tetap terpasang juga di ponsel sobat.

Jadi usahakan aplikasi Find My Device sudah ada dan sudah login di perangkat sobat, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sobat bisa langsung mengantisipasinya.
Dan sobat bisa manfaatkan fitur ini di Smartphone ataupun PC/Laptop sobat dengan catatan akun google sudah terhubung.

Khusus untuk cara ini, akan berhasil 100% apabila GPS dan Koneksi Internet ponsel sobat yang hilang dalam keadaan hidup. Lalu apakah ada cara lain jika tanpa koneksi internet dan aktifnya GPS bisa melacak ponsel kita yang hilang?
Tentu ada dan akan dibahas di artikel part 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar