Jumat, 13 Oktober 2017

Cara Mengaktifkan Fitur Touch Assistant MIUI 8 di MIUI 7

BCengosTouch Assistant merupakan salah satu fitur menarik dari Xiaomi yang ada pada MIUI 8. Namun, untuk kamu pengguna Xiaomi yang masih menggunakan MIUI 7 tetap bisa merasakan fitur keren ini.
Apa sih itu Touch Assistant? Dan apa kegunaannya?

Fitur Touch Assistant adalah tool android layaknya pintasan saat mengoperasikan smartphone. Touch Assistant diperkenalkan di MIUI 8 untuk memudahkan navigasi melalui aplikasi.
Hal ini akan mengurangi penggunaan tombol hardware pada smartphone kamu. Jika kamu tahu fitur iPhone Touch Assistant nah maka yang satu ini kurang lebih hampir sama.


Seperti yang kamu lihat pada gambar diatas, disisi kiri gambar tampak ada sebuah lingkaran dan jika kamu klik maka hasilnya akan seperti gambar disisi kanan.
Terdapat 5 icon menu yang mana nantinya bisa diisi dengan tombol navigasi/sistem ponsel kamu atau juga bisa dengan aplikasi-aplikasi yang kamu inginkan.

Dengan kata lain, fitur ini memudahkan kamu untuk membuka aplikasi yang sering kamu pakai tanpa harus mencarinya, juga bisa menggantikan tombol navigasi/sistem kamu.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut.?? Yuk mari kita ke TKP..

Cara Mengaktifkan Fitur Touch Assistant :


1. Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan pergi ke Settings >> Additional Settings >> Touch Assistant.
Update: untuk MIUI 8 dan 9 namanya bukan Touch Assistant tapi Quick Ball (Bola Pintasan).
Lihat pada gambar dibawah ini.

2. Setelah mengklik Touch Assistant selanjutnya adalah mengaktifkan (menghidupkan) Touch Assistant nya. Lihat pada gambar.

3. Nah, setelah Touch Assistant sudah aktif ada tiga setelan yang bisa kamu atur Customize function, Auto hide Touch Assistant dan Restore to Default.

4. Setting Customize function. Disini kamu akan men-setting 5 icon menu yang ada pada Touch Assistant, kamu akan mengatur menu apa saja yang ingin kamu gunakan atau tampilkan di dalamnya.
Caranya pilih dan klik Costumize function >> Atur menu Touch Assistant sesuai yang kamu inginkan. Lihat pada gambar.

5. Setelah itu bisa kamu pilih dan klik menu yang ingin kamu ganti. Lihat pada gambar.
Pilih 5 menu yang ingin kamu tampilkan (gunakan) pada Touch Assistant.

6. Selain menu navigasi dan sistem kamu juga bisa meletakkan atau menggantinya dengan menu Aplikasi kamu. Jadi 5 icon menu tersebut akan terganti dengan 5 aplikasi yang kamu inginkan.
Caranya pilih dan klik Costumize function >> Applications. Lihat pada gambar.



7. Setting Auto hide Touch Assistant. Pada setelan ini kamu dapat menyembunyikan Touch Assistant didalam aplikasi kamu. Jadi ketika kamu membuka aplikasi tertentu maka tampilan Touch Assistant tidak akan muncul.
Dalam hal ini tergantung dari kamu nya, ingin menyembunyikan dari aplikasi tertentu atau tidak.
Caranya pilih dan klik Auto hide Touch Assistant >> Pilih ingin disembunyikan di aplikasi mana. Lihat pada gambar.

8. Yang terakhir adalah setelan Restore to Default, seperti namanya, ini akan mengembalikan setelan seperti semula (bawaan).

Oke itulah cara bagaimana mengaktifkan fitur Touch Assistant pada smartphone Xiaomi kamu yang masih menggunakan MIUI 7.
Apakah bisa digunakan pada MIUI 6 kebawah? saya kurang tahu. Dan untuk smartphone selain Xiaomi kemungkinan ada juga fitur seperti ini tapi mungkin caranya berbeda.

Share jika menurut kamu ini berguna dan bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan komen dikolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar